Text Widget

Contact us

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

PT. Eureka Logistics. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 25 Mei 2015

Tagged under:

Jelang Ramadhan, Pemerintah Siap Sisir Pulau Terluar Nusantara

JAKARTA—Pemerintah akan mengerahkan 88 kapal dalam ekspedisi Nusantara Jaya pada 1 Juni mendatang dengan tujuan ke arah timur Indonesia untuk membawa bahan pasar murah dan logistik.
Menko Kemaritiman Indroyono Soesilo mengungkapkan ekspedisi tersebut akan berlangsung selama dua pekan. Daerah yang dikunjungi terutama adalah pulau terluar di kawasan timur, yang di perbatasan. Menurutnya, akan ada sekitar 580 pelabuhan yang akan dikunjungi.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa setelah Pelabuhan Kuala Tanjung di Sumatera, Pelabuhan Tanjung Priuk di Jakarta, kemudian Terminal Teluk Lamong di Surabaya, dan groundbreaking Makassar New Port pada Jumat (23/5/2015) kemarin), maka selanjutnya akan dilakukan groundbreaking Pelabuhan Sorong, di Papua.

“Sorong kita kaitkan dengan pembangunan kawasan ekonomi khusus yang luasnya sekitar 6.000 hektar. Nanti, dilaporkan juga, akan dilaksanakan oleh Pelindo IV, Juli sudah bisa groundbreaking,” katanya seperti dikuti Bisnis.com dari situs resmi Setkab, Sabtu (23/5/2015).

Menko juga mengakui akan adanya suntikan dana sebesar Rp2 triliun kepada Pelindo IV, yang masuk dalam skema penyertaan modal negara (PMN). Ia menyebutkan, suntikan dana itu nantinya dipakai untuk membuat sindikasi dengan perbankan.

“Kalau pemerintah ngasih Rp2 triliun, mungkin nanti bank ngasih Rp4 triliun, jadi ada
proyek Rp6 triliun untuk Pelindo IV, untuk bergerak di 9 pelabuhan di kawasan Indonesia Timur,” pungkas Indroyono.

Sumber : Bisnis.com

0 komentar:

Posting Komentar