Text Widget

Contact us

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

PT. Eureka Logistics. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 25 Mei 2015

Tagged under:

Short Sea Shipping Butuh Dukungan Fasilitas Pelabuhan

JAKARTA – Untuk mendukung short sea shipping, Chairman Supply Chain Indonesia (SCI) Setijadi mengatakan perlu ada pengembangan beberapa fasilitas pelabuhan terkait kolaborasi dengan armada truk untuk pickup & delivery logistik.

Beberapa fasilitas untuk menunjang kegiatan di pelabuhan seperti fasilitas parkir, peralatan bongkar muat, dan lahan penumpukan barang. Menurutnya, keterbatasan fasilitas itu dapat mempengaruhi waktu dan biaya pengiriman barang secara keseluruhan.

“Keterbatasan fasilitas-fasilitas tersebut berdampak terhadap waktu dan biaya pengiriman barang secara keseluruhan, sehingga perusahaan-perusahaan lebih memilih penggunaan trucking sepenuhnya,” katanya, Minggu (24/5/2015).

Selanjutnya, pemerintah perlu meningkatkan jalan akses antara pelabuhan dan sentra-sentra industri maupun koneksi ke simpul-simpul transportasi lainnya. Implementasi SSS, paparnya, harus terintegrasi dalam sistem transportasi multimoda secara nasional dengan transportasi laut sebagai backbone.

“Saat ini, terjadi ketimpangan penggunaan moda transportasi pengangkutan barang. Di Pulau Jawa, misalnya, sekitar 80% pengiriman barang didominasi oleh moda transportasi jalan,” ucapnya.

Sumber : Bisnis.com

0 komentar:

Posting Komentar